Senin, 20 September 2010

Profil Para Penentang Paus Kala Kunjungan ke Inggeris

Kunjungan Paus ke Inggeris telah dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok penentang, yang sebagian besar adalah "sekularis militan" dan "humanis radikal". BBC menulis potret dari para penentang Paus ini. Artikel BBC tsb bisa dibaca di BBC News - Papal visit: Pope Benedict XVI's opponents. Satu-satunya kelompok yang tidak disebut dalam artikel ini adalah kelompok radikal Islam, yang juga turut berdemo menentang Paus di London.



Yang mengherankan adalah bahwa para aktivis tsb. tidak mengadakan protes serupa ketika Presiden Pakistan atau Cina berkunjung ke Inggeris. Padahal di negara tsb. telah dilakukan pelanggaran hak azasi manusia yang bukan sedikit. Jadi apakah protes semacam ini lebih merupakan ungkapan kebencian daripada memperjuangkan sesuatu?

Salah satu protes mereka misalnya adalah kesalahan Paus karena kasus pedofilia beberapa imam. Tetapi hal ini sama sekali irasional. Bukan Paus yang bertanggungjawab terhadap perbuatan seorang imam. Yang pertama bertanggungjawab adalah imam itu sendiri, kemudian uskupnya. Jadi kalau memang terjadi kasus semacam itu, polisi hendaknya menangkap si pelaku kriminal dan penanggungjawabnya, yakni uskup. Tetapi Paus terlalu jauh di Roma untuk dihubung-hubungkan dengan kasus semacam itu. Paling-paling Paus hanya mengeluarkan seruan, apel, kebijakan umum, tetapi setiap uskup adalah otonom di keuskupannya masing-masing.

Tidak ada komentar: