Sabtu, 29 Oktober 2011

Tampilan Galaxy Tab dengan DPI lebih rendah

Saya baru saja mencoba menurunkan nilai DPI layar Samsung Galaxy Tab 7 dan tampaknya sangat menarik. Angka DPI standar Galaxy Tab adalah 240. Dalam percobaan ini saya menurunkannya ke 182. Hasilnya?

Saya bisa melihat lebih banyak di layar. Tentu saja efek sampingannya adalah huruf yang lebih kecil, namun masih bisa ditoleransi. Saya baca di xda-forum rupanya ada banyak pengguna yang memakai resolusi lebih kecil seperti itu. Bahkan ada yang memakai angka DPI 162! Berikut perbandingan tampilan layar dengan DPI standar 240 dan DPI 182.

Tampilan Home screen dengan DPI 240

Pada DPI 182 nampak bahwa luas home screen menjadi lebih. Perhatikan barisan apps di home screen, yang pada DPI 240 tampil di pinggir bawah layar.

Tampilan TempoInteraktif dengan DPI 240. App Tempo ini bisa menampilkan sampai artikel "Tiga notebook premium HP hadir di Indonesia"

Tapi dengan DPI 182, masih bisa tampak dua artikel lebih banyak.

Tampilan Kompas di browser Android dengan DPI 240. Sampai artikel pertama Ekspedisi cincin api, selesai.

Dengan DPI 182 kita bisa melihat lebih banyak artikel di layar, sehingga rubrik Bola dan Olahraga masih bisa ditampilkan.

Tampilan daftar apps dengan DPI 240. Layar penuh bukan?

Namun dengan DPI 182 nampak bahwa masih ada ruang kosong. Sayang TW launcher Samsung tidak bisa menyesuaikan diri dengan resolusi layar. Karena itu kalau mau memakai resolusi ini sebagai default, maka mau tidak mau harus memakai launcher lain, seperti ADW launcher atau launcher lain dari Market. Seluruh ruang layar akan terpakai. Jadi kita bisa melihat lebih banyak di layar.

Tidak ada komentar: