Senin, 14 November 2011

Memakai GNOME Classic Modus di Ubuntu 11.10


Banyak pengguna Ubuntu senior tidak menyukai tampil muka Ubuntu 11.10 yang memakai Unity. Kini ada solusi elegan, yakni dengan memakai Gnome Classic yang telah di-fork untuk Ubuntu 11.10. Di bawah ini saya tunjukkan langkah-langkah yang ditempuh untuk menginstalasi dan memakai Gnome Classic.

Dalam artikel ini saya mengusulkan untuk menginstalasi Ubuntu 11.04 dan pilih Ubuntu classic di kala login. Namun hal itu tidak perlu lagi.

Jason Conti telah mendengar keluhan banyak pengguna Ubuntu lain dan memodifikasi Gnonme fallback supaya bisa dipakai menjadi seperti Ubuntu Classic. Saya mendapatkan tip-nya dari Glasens Blog. Sayang blog tsb. berbahasa Jerman, jadi saya tampilkan saja di sini dengan melengkapi langkah-langkah yang mungkin belum diketahui oleh pengguna Ubuntu yunior.

Langkah menginstalasi Gnome Classic

1. Muat sumber software dengan mengetik perintah berikut di Terminal:
sudo add-apt-repository ppa:jconti/gnome3

2. Update database software dengan mengetik
sudo apt-get update

3. Instalasi software yang diperlukan dengan mengetik
sudo apt-get install indicator-applet-complete

4. Log out lalu log in dengan memilih Gnome Classic sebagai tampilan desktop. Akan nampak dua panel, satu di atas dan satu di bawah.

5. Klik di atas salah satu panel dengan tombol mouse kanan sambil menekan tombol Alt. Pilih New Panel (Buat pemula metode ini lebih gampang daripada memodifikasi panel yang sudah ada).

6. Klik di atas panel yang baru dengan tombol mouse kanan sambil menekan tombol Alt dan pilih Properties. Pilih Orientation: Top.

7. Klik di atas panel yang baru dengan tombol mouse kanan sambil menekan tombol Alt dan pilih Add to Panel

8. Tambahkan applet yang diingini. Saya memakai ini: 1) Indicator Applet Complete; 2) Menu Bar; dan 3) Window List

9. Kalau mau memindahkan salah applet caranya adalah dengan meletakkan cursor di atas applet lalu menekan tombol mouse kanan sambil menekan tombol Alt. Pilih Move untuk memindahkan.

10. Hapus panel yang tidak diinginkan dengan cara menekan tombol mouse kanan sambil menekan tombol Alt. Pilih Delete this Panel

Berikut adalah panel desktop saya. Selamat bereksperimen.



Thanks to Glasens Blog at http://www.glasen-hardt.de/?p=1415 for this great tip.

Tidak ada komentar: