Towi-towi, Burung Terkenal Nias Yang Kurang Dikenal

. Orthotomus ruficeps cineraceus Blyth, 1845. Adult male. TL = 12 cm. (Photograph by: Mark Chua).

Hari ini saya iseng-iseng mau melihat bagaimana rupa burung Nias towi-towi yang legendaris itu. Eh, rupanya pencarian saya tidak berbuah banyak. Singkatnya katalog burung dari Nias yang tersedia luas di Internet hampir tidak ada.

Untungnya saya menemukan satu dokumen berjudul On a collection of Birds from Nias by Dr. J. Büttikofer, yang menyajikan daftar burung dari Nias koleksi Dr. J. Büttikofer.

Dalam dokumen tsb. sang kolektor menyebutkan nama ilmiah towi-towi sebagai Orthotomus cineraceus Blyth. Sayang buku tsb tidak menampilkan foto melainkan hanya deskripsi belaka. Setelah meng-google lebih jauh, saya menemukan foto di atas yang diasosiasikan dengan nama ilmiah towi-towi tadi, yakni Orthotomus ruficeps cineraceus Blyth.

Memang itu bukan gambar satu-satunya. Seorang dari Nias juga menampilkan foto burung towi-towi di salah satu tulisan di blognya berjudul Towi-towi, tetapi seperti terlihat di gambar berikut penampilannya agak lain dari foto yang di atas. Selain itu penulis tidak memberi referensi apa-apa tentang gambar tsb. melainkan hanya mengandaikan foto tsb. mewakili burung towi-towi yang disebutkan dalam lirik lagu towi-towi.



Jadi, gambar burung legendaris Nias tsb belum begitu jelas, bahkan bagi saya sendiri yang berasal dari Nias. Yang jelas, hampir setiap orang tahu lagu towi-towi dan tahu menyanyikannya. Tapi tidak setiap orang kenal bagaimana penampakkan burung towi-towi itu apalagi bagaimana burung tsb berkicau, yang bagi orang Nias selalu merupakan pertanda kabar baik.


Sumber:
1. On a collection of Birds from Nias by Dr. J. Büttikofer: https://www.repository.naturalis.nl/document/551831
2. Towitowi: http://filemonhulunias.blogspot.com/2016/07/towi-towi.html