Bagamaina Me-reset Laptop Dell Inspiron 13 5370?

Dell Inspiron 13 5370

Besok kurir akan menjemput laptop saya Dell Inspiron 13 5370. Jadi pertanyaan pertama saya adalah bagaimana me-reset laptop tsb. ke status ketika saya menerimanya (factory reset)?

Berikut ini saya menguraikan langkah-langkah untuk melakukan hal itu.

Tapi hal yang lebih menarik bagi mereka yang sedang mecari laptop baru adalah hal-hal apa yang positif dan apa pula yang negatif dalam menggunakan laptop tsb. Baca terus ke bawah, siapa tahu membantu dalam menjatuhkan pilihan bila Anda ingin membeli laptop Dell ini.


Langkah-Langkah Me-reset Inspiron 13 570

Laptop Dell sangat gampang di-reset ke status keluar pabrik, karena Dell telah menyimpan apa yang disebut "factory image" di salah satu partisi hard disk. Jadi secepat kita mau me-reset laptop, laptop akan boot ke Windows Recovery Environment (WinRE) dan me-reset laptop.

Catatan: Jangan lupa lebih dahulu menyimpan data-data Anda ke hard disk eksternal atau ke flash disk. Memang dalam proses reset akan ditanya untuk membuat backup data, tetapi lebih aman melakukannya sebelumnya.

1. Ketik reset di tempat pencarian Cortana (sebelah kanan tombol Start di taskbar).

2. Pilih "Reset this PC (System Setting)", ada di tempat teratas daftar hasil pencarian.

3. Klik "Restart now" yang ada di bawah "Advanced Startup".

4. Anda akan melihat beberapa pilihan. Pilih "Troubleshoot".

5. Pilih "Factory Image Restore".


Setelah ini ikuti saja petunjuk di layar sampai proses reset selesai. Di akhir proses Windows akan menanyakan untuk mematikan dan menghidupkan kembali laptop. Selesai! Gampang, bukan?

Tentu saja ini bukan cara satu-satunya. Kalau kebetulan Anda telah membuat recovery flash disk sebelumnya, Anda tinggal menancapkan flash disk tsb. dan boot laptop ke flash disk. Selebihnya ikuti petunjuk di layar.

Tetapi yang mungkin lebih manarik adalah mengapa saya mengembalikan laptop tsb. Apakah ada yang cacat baik fisik (hardware) maupun non-fisik (software)?


Alasan Saya Mengembalikan Inspiron 13 5370

Iya, saya baru memakai laptop tsb. seminggu. Namun ada beberapa hal, mulai dari yang kurang serius sampai yang sangat serius, yang membuat saya memutuskan untuk mengembalikannya dan beli laptop yang lebih "baik".

Saya mulai saja dari yang kurang serius, tetapi tetap mengganggu. Pertama, sisi sekeliling laptop sangat tajam dan membuat tangan nyeri kalau menyentuhnya (lihat gambar di awal tulisan).

Sayang hal ini tidak dapat dilihat dalam gambar di atas. Tetapi memang mengganggu. Kalau Anda alergi terhadap sudut tajam aluminium, Anda pasti akan sangat terganggu dengan laptop ini. Karena tak mungkin kita mengetik tanpa meletakkan telapak tangan untuk istirahat, yang mau tidak mau menyentuh sisi terluar tsb.

Yang kedua adalah karena terbuat dari aluminium, badan laptop terasa dingin. Tidak terlalu mengganggu untuk saya, tetapi bisa mengganggu untuk orang lain.

Tetapi alasan paling serius, mengapa saya minta Dell menjemput balik laptop ini adalah keterbatasan harddisk. Saya butuh banyak tempat di harddisk, karena itu saya mau membeli satu yang berkapasitas 1TB. Saya mengontak Dell (technical support) dan tanya harddisk apa dan dengan kapasitas berapa bisa saya meng-upgrade laptop.

Jangan tertawa, tetapi pernyataan resmi dari Dell, baik melalui email, chat dan telepon, laptop ini hanya bisa menerima SSD jenis terbaru (yang disebut PCIe NVMe Gen 3 dengan faktor bentuk M.2) itu pun hanya sampai 512GB! Catatan: Anda tidak bisa memakai SATA hard disk di laptop ini!

Mengapa saya bilang jangan tertawa? Karena belum pernah saya dengar ada keterbatasan kapasitas harddisk seperti itu. Dulu di zaman Windows XP dengan motherboard dan BIOS jadul memang ada keterbatasan semacam itu. Tetapi dewasa ini?

Namun begitulah adanya. Saya bilang kepada mereka, kalau masalahnya adalah Dell tidak punya stok harddisk 1TB, saya bisa beli dari tempat lain. Namun agen teknis tsb. bersikeras bahwa Dell tidak mendukung harddisk lebih dari 512GB dan mendorong saya untuk mengembalikan laptop tsb. dan beli laptop lain yang punya spesifikasi lebih baik.

Saya tidak mau beradu argumen dengan mereka, jadi saya ikuti saja saran tsb. dan beli laptop lain yang akan tiba beberapa hari lagi, yakni Inspiron 14 5480. Laptop yang baru nanti punya RAM 16GB dan harddisk 128GB PCIe NVMe + 1TB SATA hard disk.

Inspiron 13 5370 Specs

Selebihnya Inspiron 13 5370 punya spesifikasi yang jago: processor Intel Core i5-8250U, RAM 8GB, PCIe NVMe SSD 256GB, layar 13.3 inci, sensor pemindai jari dan colokan USB C, yang membuat laptop bisa dicas melalui kabel USB C. Berat? Hanya 1,3kg, jadi sangat ringan!

Juga layar dibekali dengan teknologi terbaru Dell yang membuat nonton film seperti di bioskop. Saya sudah mencobanya dan memang warna dalam filem di layar jauh lebih hidup daripada di layar komputer desktop saya.

Kesimpulannya? Saya akan mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang lebih baik, hanya karena staff teknis bersikeras akan keterbatasan harddisk. Secepat laptop baru tiba saya sudah berencana beli M.2 harddisk dengan kapasitas 1TB, kendati staff teknis Dell akan bilang lagi bahwa laptop hanya menerima sampai 512GB! Horeeee! ***