Belajar Flutter 1

Belajar Bersama Flutter
Pertemuan I, 15 Juli 2021


Pengantar

Beberapa tips dasar:

  • Usahakan menulis semua kode satu per satu, bukan mengkopi
  • Lepaskan cara berpikir guru dan murid (ini menyangkut sistem pendidikan kita). Kita semua adalah murid, karena itu jangan segan bertanya atau mengoreksi kalau ada yang salah. Juga jangan menunggu guru, elaborasi, bereksperimen, beranilah membuat kesalahan.
  • Bila terjadi kesalahan (error) jangan panik, karena biasanya laporan error yang dikeluarkan memberi tahu apa masalah.
  • Metode belajar yang akan kita tempuh adalah cara lego. Jadi setelah nanti kita mempelajari sintaks dasar bahasa pemograman, kita melihat-lihat berbagai potongan lego dari program. Setiap orang mempunyai kebutuhan potongan lego mana yang akan digunakan, karena tergantung dari aplikasi yang mau dikembangkan.
  • Nikmatilah ini sebagai aktivitas yang menyenangkan, yang membuat ingin tahu mengeksplorasi berbagai kemungkinan.


Beberapa tips menggunakan browser:

  • Gunakanlah tab dari browser
  • Kadang perlu memisahkan tab menjadi jendela browser baru
  • Kalau mau share screen, lebih baik share Chrome Tab atau bila perlu Window, bukan Entire screen. Dengan demikian Anda tidak menampakkan segala sesuatu yang tampil di layar Anda. Tentu saja ada situasi tertentu di mana dibutuhkan untuk melihat keseluruhan apa yang tampil di layar, untuk itu pilihlah Entire Screen.


Tips untuk multitasking, menjalankan beberapa aplikasi sekaligus:

  • Gunakan tombol Alt+Tab untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.
  • Atau klik pada icon aplikasi ybs di taskbar di bawah layar.


Memeriksa kesiapan hardware (hardware requirements)

Untuk pengembangan aplikasi Android dengan Flutter

  • Komputer berbasis 64bit
  • 8GB RAM (Windows 10)


Memeriksa kesiapan software (software requirements)

  1. Menginstalasi berbagai software yang diperlukan. Untuk pengembangan aplikasi dengan Flutter: Flutter SDK dan Android Studio, yang akan digunakan untuk menyunting kode dan emulator smartphone Android
  2. Memeriksa apakah semua software yang dibutuhkan berjalan baik. Jalankan perintah berikut dari command prompt: where.exe flutter dart adb
  3. Perintah tsb. akan mengeluarkan nama lengkap folder di mana flutter, dart dan adb berada.
    Bila ada yang dari antaranya yang dilaporkan tidak ditemukan, silakan mengikuti panduan berikut: https://achida-id.blogspot.com/2021/07/merampungkan-instalasi-android-studio.html
  4. Memeriksa lisensi Android. Jalankan perintah berikut di command prompt: flutter doctor
    Perhatikan entah semua dicentang hijau. Kalau ada yang ditandai tanda silang merah misalnya Android licenses, maka ikuti panduan di no.2 di atas tentang Android licenses.

Bila semua berjalan baik tanpa masalah, maka kita siap belajar membuat aplikasi Flutter pertama. Panduan di https://codelabs.developers.google.com/codelabs/first-flutter-app-pt1?hl=id#0 atau versi yang telah diperbaharui (tetapi tanpa terjemahan Indonesia) di https://flutter.dev/docs/get-started/codelab


Bagaimana selanjutnya


Mohon membuat akun di github.com, udacity.com dan udemy.com


Pada salah satu pertemuan berikutnya kita akan membuat akun di GitHub dan belajar mengautorisasi komputer kita dengan server GitHub, sehingga kode yang kita tulis bisa tampil di profile kita di sana dan kita bisa saling bagi dan memperbaiki kode.


Lalu kita meneruskan pembuatan aplikasi Flutter bagian kedua: https://codelabs.developers.google.com/codelabs/first-flutter-app-pt2/?hl=id#0

Silakan mencoba-coba panduan tsb. sebelum kita bersama-sama menjalaninya.


Setelah hal-hal mendasar ini selesai kita akan melanjutkan dengan kursus Flutter yang dibuat Google di Udacity!