Bye Windows 10! Setelah Windows Updates Merusak Sistem, Saya Merasa Cukup Sampai Di Sini


Windows activation


Entah mengapa minggu ini saya bernasib sial: Windows 10 Pro updates malah merusak sistem Windows dan bahkan merusak sistem Ubuntu, seperti akan saya uraikan di bawah ini.

Sebenarnya saya tidak memakai Windows, namun karena sudah ikut terbeli waktu membeli laptop (saya "dipaksa" Dell membeli Windows juga ketika memesan laptop Dell Inspiron 5480!) saya mempertahankannya di laptop itu dan menggunakan sistem dual boot.

Sekali-sekali saya menghidupkan Windows hanya untuk mendownload dan menginstalasi pembaharuan (updates) yang disediakan Microsoft.

Itu juga yang terjadi kemarin. Dan sejauh saya ingat updates yang tersedia adalah Windows 10 edisi 1909, Intel chipset dan yang lainnya.

Pertama saya terkejut melihat Windows langsung boot tanpa menu pilihan grub. Wah, updates ini rupanya telah memodifikasi EFI entries dan menghapus Ubuntu.

Kedua saya melihat wallpaper Windows dan theme-nya lain sama sekali. Saya cek di dalam Settings, eh... Windows 10 Pro yang sudah terpasang rupanya sudah rusak juga. Seperti bisa di lihat di screenshot di atas aktivasi Windows rupanya telah ter-reset, seperti layaknya kalau ada perubahan hardware di komputer.

Ketiga Windows updates juga merusak konfigurasi partisi hard disk, sehingga sistem Ubuntu saya juga jadi terdampak. Saya boot LiveCD Ubuntu dan mencoba menyelidi apa yang terjadi. 

Partisi laptop


Saya terkejut luarbiasa. Windows updates telah merubah daftar partisi harddisk. Satu partisi kecil telah ditambahkan, yakni p5 (dengan flag hidden,diag), yang disisipkan setelah partisi sistem Windows p4. Lalu nomor partisi Ubuntu yang sebelumnya di p5 kini menjadi p6 dan seterusnya. Bukan hanya itu, partisi reserve Ubuntu (kini p7) telah diubah flagnya menjadi boot,esp.

Saya tidak habis pikir bagaimana hal ini bisa terjadi. Namun saya tidak mampu menahan kemarahan saya sehingga saya format kembali keseluruhan harddisk dan menginstalasi hanya Ubuntu.

Bye, bye Microsoft Windows! Sejak 2003 saya telah membakai Linux dan tidak pernah ada kebutuhan memakai Windows. Kerusakan ini merupakan gong terakhir untuk menghapus Microsoft Windows dari komputer saya!

Saya menulis ini dari Ubuntu, setelah me-restore segala sesuatu. Windows updates telah membuang waktu saya berjam-jam!