Solusi Masalah Resolusi Layar Kubuntu 20.04 dalam Virtualbox

Kubuntu VM Settings dari Virtualbox

Kubuntu 20.04 mempunyai masalah resolusi layar dalam Virtualbox VM. Dalam tulisan ini saya ingin membagikan solusi yang saya temukan, supaya teman-teman pengguna Linux lainnya, yang juga bergulat dengan masalah serupa, bisa tertolong.

Kisahnya bermula dari instalasi Ubuntu 20.04 yang baru saja keluar, yang berjalan mulus dan mengesankan di laptop saya (Dell Inspiron 5480). Saya lalu mencoba beberapa distros berbasis Ubuntu 20.04 lainnya.

Semua berjalan mulus, kecuali Kubuntu! Setelah boot, Kubuntu hanya bisa tampil dalam resolusi 800x600. Setiap kali saya menukar ke resolusi lebih tinggi seperti 1280x720 Kubuntu akan segera kembali ke resolusi rendah tsb.

Awalnya saya pikir masalah ini mungkin akan terselesaikan dengan menginstalasi Virtualbox Guest Additions. Namun juga setelah instalasi software tambahan ini masalah resolusi layar ini tetap muncul.

Setelah mencoba berbagai settings tanpa hasil, akhirnya saya menukar Graphic Controller dalam VM Settings Kubuntu dari VM SVGA ke VBoxVGA (lihat gambar di atas). Dan seperti bisa dilihat di gambar tsb. Virtualbox memberi peringatan "Invalid settings detected".

Kendati demikian "invalid setting" ini menolong memecahkan masalah resolusi rendah layar Kubuntu, walaupun hanya secara terbatas. Kini saya bisa menukar resolusi layar ke resolusi yang lebih tinggi dan Kubuntu akan "mengingat" pilihan ini waktu boot berikutnya..

Namun hal ini tidak memecahkan masalah sepenuhnya, sebab di level VM saya tidak bisa menukar resolusi layar seperti lazim. Karena itu ukuran layar misalnya tidak bisa memenuhi seluruh layar (full screen display).

Jadi solusi ini merupakan solusi sementara, tapi sekurang-kurangnya Kubuntu bisa berjalan.

Aneh juga, sebab Kubuntu berbasis Ubuntu, sementara Ubuntu berjalan mulus. Mungkin ada hubungannya dengan graphic driver dalam KDE yang dipakai Kubuntu.