Jumat, 22 Oktober 2010

Pengalaman memakai Nexus One: Google Translate, Browser, Aplikasi Berita

Dalam tulisan kemarin saya memperkenalkan aplikasi Calendar, Contacts dan Email dari handphone Nexus One. Kali ini kita lanjutkan dengan Google Translate, Browser, dan Aplikasi Berita.


Google Translate

Salah satu layanan Google yang sering dipakai orang adalah layanan penerjemahan teks, yang bisa Anda gunakan di http://translate.google.com. Selain versi untuk browser ini Google menyediakan juga aplikasi kamus Google Dictionary. Dan hebatnya lagi, bila Anda memakai Google Chrome untuk berselancar mengunjungi berbagai situs, maka Anda bisa menginstallasi extension bernama Google Dictionary di Chrome. Maka secepat Anda menemukan kata yang Anda tidak mengerti, tinggal klik ganda di atas kata tsb. dan terjemahan akan muncul di atasnya.

Di handphone Android ada aplikasi tersendiri yang memakai perbendaharaan kamus tsb. yakni Google Translate. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan definisi dari kata yang dicari, melainkan juga menyediakan cara pengucapan. Tentu saja hal ini sangat membantu di kala membaca teks berbahasa Inggeris misalnya. Dalam gambar di sebelah bisa dilihat icon speaker. Kalau Anda mengklik di atasnya, maka pengucapan kata tsb. akan terdengar. Google Translate juga memberi referensi lebih lanjut tentang kata yang dicari, kalau memang kata tsb. membutuhkan referensi lebih lanjut. Nyaman bukan?

Tentu saja penerjemahan Google tidak selalu 100% tepat. Seperti Anda bisa lihat di gambar sebelah, pegawai Google yang bertanggungjawab atas entri bahasa Indonesia salah mengetik kata menakutkan menjadi menakuntukan. Tetapi saya sendiri memakai Google Translate secara intensif sebagai referensi pertama. Mengoreksi khan jauh lebih gampang daripada menerjemahkannya keseluruhan teks satu per satu.

Google Translate menyediakan penerjemahan dari dan ke dalam banyak bahasa. Baru-baru ini bahkan Google menyediakan penerjemahan ke dalam bahasa Latin. Keunggulan teknologi yang dibenamkan dalam Google Translate adalah akses ke perpustakaan teks Google sendiri. Itu berarti ketika menerjemahkan satu kata atau teks, Google mencari terjemahan yang sudah pernah dibuat, terutama terjemahan resmi dari teks-teks standard seperti teks UUD, piagam PBB, dan teks-teks resmi lainnya. Situs penerjemahan lainnya yang memakai teknik yang sama adalah http://www.linguee.de untuk menerjemahkan teks Inggeris ke dalam bahasa Jerman dan sebaliknya.


Web Browser

Handphone Android memiliki web browser sendiri yang mampu menampilkan berbagai situs dengan sempurna. Selain browser built-in ini ini pengguna dapat pula menginstalasi Opera Mini 5. Namun kadang terjadi bahwa web browser Android lebih sempurna menampilkan situs-situs tertentu daripada Opera Mini. Kalau volume lalu lintas data bukan masalah bagi Anda, maka memakai browser buil-in lebih nyaman daripada Opera Mini.

Dengan browser canggih semacam ini, semua dunia web tersedia untuk Anda. Entah Kompas, Tempo, Detik, Der Spiegel, Die Welt, maupun BBC, Anda tidak akan kesulitan mengunjungi situs-situs tsb. Dibanding Safari dari iPhone, web browser Android sudah mendukung flash, sehingga Anda tidak akan kesulitan merambah situs-situs yang mengandung animasi flash. Dalam gambar Anda bisa melihat screenshot dari web browser Android menampilkan situs Kompas.com. Menurut berita terkini pertama saat screenshot diambil, BPK sudah lama hemat anggaran. Hal ini tentu membuat kita bukan hanya lega memakai Android, melainkan juga lega membaca perkembangan di negara kita.

Aplikasi Berita


Selain mengunjungi langsung berbagai situs melalui web browser, situs-situs tertentu menyediakan aplikasi tersendiri, yang bisa diunduh dari Android Market. Di antaranya BBC, CNN, Cnet, ABC, Fox, dll. Untuk penggemar gadget seperti saya maka aplikasi Engadget dan TechRadar merupakan bagian dari menu harian. Dalam gambar di sebelah bisa dilihat screenshots dari aplikasi Engadget dan TechRadar. Tentu saja masih ada segudang aplikasi berita semacam ini di Android Market.

Kita sambung di tulisan berikutnya.
Share:  

Posting Terpopuler